ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5


Medang kamulan, sebuah dusun di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan ini Konon diyakini merupakan sebuah kerajaan, yang melegenda hingga saat ini, yakni Kerajaan Medang Kamulan.
“Di Desa Banjarejo ini memang diyakini jadi tempat berdirinya kerajaan Medang Kamulan. Kerajaan ini dulunya dipimpin seorang raksasa Prabu Dewata Cengkar. Selama ini, sudah banyak penemuan benda kuno di desa ini,” kata Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik.
Penemuan benda kuno tersebut, mirip pondasi yang terbuat dari tumpukan batu bata. Panjang pondasi yang sudah sempat digali dan terlihat ini ada 40 meter. Membentang dari arah utara menuju ke selatan.
Batu bata yang ditemukan bentuknya lebih besar dibandingkan batu bata yang lazim saat ini. Panjang batu bata itu 30 cm, lebarnya 20 cm, dan ketebalannya 8 cm. Warnanya juga lebih merah dibandingkan batu bata saat ini.
Tinggi bangunan mirip pondasi itu sekitar 40 cm. Lebarnya ada 30 cm. Tumpukan paling atas ditaruh batu bata yang dipasang dengan posisi melintang. Sementara batu bata pada tiga tumpukan dibawahnya dipasang dengan posisi berdiri.

petilasan AJi saka - source MuriaNews
Adanya penemuan bangunan kuno itu menyebabkan banyak warga yang datang ke lokasi. Selain warga sekitar Medang Kamulan, banyak pula orang dari desa tetangga dan luar kota yang mulai datang ke lokasi bersejarah itu.Selama sepuluh tahun terakhir, di Medang Kamulan sudah banyak benda bersejarah peninggalan kerajaan kuno Dewata Cengkar yang ditemukan di wilayah Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Grobogan ini. Antara lain, Punden Tempat sesaji, koin emas, perhiasan kuno, guci, hingga fosil binatang purba.
Punden sesaji-Source Murianews
untuk info lebih detailnya Langsung aja Ke Medang Kamulan desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan ini itung-itung wisata sejarah. Banyak hal yang kita peroleh. ingat JASMERAH, Jangan Sekali-kali Melupakan sejarah.( MuriaNews.Com)

About azam

"Mamalia Darat" yang diprogram untuk diuji, Lihat Profil lengkapku ....
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Berbayar! ;)
(No Spam/Porn/Sara/Promo)


Top